5R/5S ialah Ringkas (Seiri), Rapi
(Seiton), Resik (Seiso), Rawat (Seiketsu) & Rajin (Shitsuke). 5R ini merupakan
budaya tentang bagaimana seseorang memperlakukan tempat kerjanya secara benar.
Bila tempat kerja tertata rapi, bersih, dan tertib, maka kemudahan bekerja
perorangan dapat diciptakan, dan dengan demikian 4 bidang sasaran pokok
industri, yaitu efisiensi, produktivitas, kualitas, dan keselamatan kerja dapat
lebih mudah dicapai.
RINGKAS (SEIRI)
Prinsip RINGKAS adalah memisahkan
segala sesuatu yang diperlukan dan menyingkirkan yang tidak diperlukan dari
tempat kerja. Mengetahui benda mana yang tidak digunakan, mana yang akan
disimpan, serta bagaimana cara menyimpan supaya dapat mudah diakses terbukti
sangat berguna bagi sebuah perusahaan.
Langkah melakukan RINGKAS :
1. Cek-barang yang berada di area masing-masing.
2. Tetapkan kategori barang-barang yang digunakan dan yang tidak
digunakan.
3. Beri label warna merah untuk barang yang tidak digunakan
4. Siapkan tempat untuk menyimpan /
membuang /memusnahkan barang-barang yang tidak digunakan.
5. Pindahkan barangbarang yang berlabel merah ke tempat yang telah
ditentukan.
RAPI (SEITON)
Prinsip RAPI adalah menyimpan barang
sesuai dengan tempatnya. Kerapian adalah hal mengenai sebagaimana cepat kita
meletakkan barang dan mendapatkannya kembali pada saat diperlukan dengan mudah.
Perusahaan tidak boleh asal-asalan dalam memutuskan dimana benda-benda harus
diletakkan untuk mempercepat waktu untuk memperoleh barang tersebut.
Langkah melakukan RAPI :
1. Rancang metode penempatan barang
yang diperlukan, sehingga mudah didapatkan saat dibutuhkan
2. Tempatkan barang-barang yang diperlukan ke tempat yang telah
dirancang dan disediakan
3. Beri label / identifikasi untuk
mempermudah penggunaan maupun pengembalian ke tempat semula.
RESIK (SEISO)
Prinsip RESIK adalah membersihkan
tempat/lingkungan kerja, mesin/peralatan dan barang-barang agar tidak terdapat
debu dan kotoran. Kebersihan harus dilaksanakan dan dibiasakan oleh setiap
orang dari CEO hingga pada tingkat office boy.
Langkah melakukan RESIK :
1. Penyediaan sarana kebersihan,
2. Pembersihan tempat kerja,
3. Peremajaan tempat kerja, dan
4. Pelestarian RESIK.
RAWAT (SEIKETSU)
Prinsip RAWAT adalah mempertahankan
hasil yang telash dicapai pada 3R sebelumnya dengan membakukannya
(standardisasi).
Langkah melakukan RAWAT :
1. Tetapkan standar kebersihan, penempatan, penataan
2. Komunikasikan ke setiap karyawan yang sedang bekerja di tempat kerja
RAJIN (SHITSUKE)
Prinsip RAJIN adalah terciptanya
kebiasaan pribadi karyawan untuk menjaga dan meningkatkan apa yang sudah
dicapai. RAJIN di tempat kerja berarti pengembangan kebiasaan positif di tempat
kerja. Apa yang sudah baik harus selalu dalam keadaan prima setiap saat.
Prinsip RAJIN di tempat kerja adalah “LAKUKAN APA YANG HARUS DILAKUKAN DAN
JANGAN MELAKUKAN APA YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN”
Langkah melakukan RAJIN :
1. Target bersama,
2. Teladan atasan
3. Hubungan/komunikasi di lingkungan kerja
4.
Kesempatan belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar