Inilah kebenaran yang
sesungguhnya...
Untuk sukses dalam kerja dan kehidupan:
- Ketahuilah bahwa ada aturan mainnya
- Pahamilah aturan mainnya
- Ikutilah aturan mainnya
Aturan main dalam permainan yang disebut KERJA ternyata amat mirip
dengan aturan main dalam permainan yang disebut KEHIDUPAN. Bila anda MENANG
dalam permainan yang disebut KERJA, maka sangat besar kemungkinan anda akan
MENANG dalam permainan, yang disebut KEHIDUPAN.
Konsekuensi yang tidak
mengikuti aturan main..
- Pertama..mereka cenderung bekerja lebih keras, dan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan atau lebih buruk daripada orang yang mengikuti aturan mainnya.
- Kedua..kinerja mereka berada dibawah bakat dan kemampuan mereka.
- Ketiga..mereka berkeluh kesah bahwa kehidupan ini tidak adil.
- Keempat..mereka menjadi tidak bersemangat, demotivasi, lalu berhenti mencoba.
Fakta Menyedihkan..
60-80% karyawan di suatu perusahaan termasuk kategori RATA-RATA. Nah, jangan salah, karyawan
rata-rata bukan karyawan buruk, karena mereka yang ingin sukses, bekerja keras,
melakukan apa yang diperintahkan, datang tepat waktu, punya komitmen. Namun, mereka
barangkali memang mampu menyelesaikan tugas mereka, tapi tidak istimewa, tidak
menonjol, tidak luar biasa, cuma rata-rata dari
kebanyakan orang.
Kemudian ada karyawan BINTANG. Pada umumnya mereka bersemangat,
dinamis, positif, punya greget dan motivasi dari dalam diri mereka sendiri,
berani menghadapi masalah dan menemukan solusi mereka sendiri, secara
konsisten mencapai target, tidak perlu banyak waktu untuk diawasi dan
diarahkan, mandiri, serta menyelesaikan tugas dengan baik.
Biasanya karyawan BINTANG betul-betul langka
& terbatas.
Pada umumnya yang langka bernilai tinggi, dan dihargai tinggi,
artinya gajinya lebih besar.
Ada 11 aturan yang perlu
anda ketahui:
ATURAN #1 Kenapa Anda Ingin
Sukses? (Apa Anda Sungguh Tahu?)
Kamu tidak akan berusaha untuk menemukan bagaimananya, bila kamu tidak
memiliki kenapanya. Dan, kalaupun kamu menemukan bagaimananya, kamu tidak akan
termotivasi untuk bertindak bila kenapanya tidak cukup kuat.
Karena itu...
Kenapa anda ingin sukses??
98% jawaban yang biasa muncul dari seorang karyawan ialah...
- Untuk memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik
- Untuk memiliki masa depan yang lebih baik
- Untuk memastikan bahwa anak-anak memiliki masa depan yang lebih baik
- Untuk membuat orangtua bangga.
Tak terelakkan, jawaban mereka terkait dengan diri mereka sendiri dan
orang-orang yang mereka cintai.
Jarang sekali yang menjawab seperti ini:
- Agar perusahaan tempat kerja saya maju
- Untuk membantu perusahaan meningkatkan keuntungan
- Agar manajer saya lebih cepat dipromosikan.
Artinya tak seorangpun dari kita benar-benar bekerja demi keuntungan
perusahaan tempat kita bekerja, atau demi kebaikan atasan kita. Kita bekerja lebih
demi manfaat untuk diri kita sendiri dan orang-orang yang kita cintai.
Namun ironinya, kenapa kita sering mendengar sesama karyawan saling
mengeluh :
- Aku tak bersemangat bekerja karena atasan ku benar-benar payah, negatif, tak becus, tak adil, dan seterusnya
- Andaikan atasanku lebih baik, aku akan lebih semangat dan termotivasi, berprestasi mencapai kinerja lebih baik.
ATURAN #2 Untuk apa bekerja?
Ada 2 kategori karyawan:
1. Bekerja untuk
menghasilkan uang
2. Bekerja untuk belajar
Hal ini akan tercermin langsung dalam perilakunya saat bekerja.
Orang-orang yang “bekerja untuk
menghasilkan uang” cenderung mengeluh bila mereka harus melakukan
pekerjaan tambahan tanpa mendapatkan kompensasi tambahan &
cenderung lebih perhitungan saat bekerja.
Penganut “bekerja untuk belajar”, tahu bahwa untuk tumbuh mereka harus
terus belajar. Belajar hal-hal baru, teknologi baru,
metodologi baru, cara baru untuk bekerja, belajar berbagai aspek bisnis & berkenalan
dengan lebih banyak orang. Mereka tahu bahwa mereka tidak akan mencapai apa-apa
bila hanya melakukan hal yang sama tiap tahunnya. Penganut konsep ini mengetahui
satu rahasia penting yaitu “Kesempatan untuk maju biasanya datang secara
tersamar sebagai pekerjaan ekstra tanpa bayaran ekstra”.
ATURAN #3 Anda Selalu Punya
Pilihan
Dalam hidup, kita hampir selalu tidak mampu mengendalikan apa yang
akan dilakukan dan diucapkan orang kepada kita, tapi kita selalu bisa MEMILIH
cara kita merespon dalam keadaan seperti ini. Betul, kita selalu punya PILIHAN!
Tergantung pilihan anda ingin menjadi Karyawan BINTANG atau RATA-RATA..
ATURAN #4 Orang-Orang Mengawasi
Anda
Orang-orang mengawasi penampilan anda, kata-kata anda, tindakan anda,
sehingga pada akhirnya mereka memberi penilaian terhadap anda..
Apakah anda dapat dipercaya? dapat diandalkan?
Berpengetahuan? Orang baik? Angkuh? Kooperatif? Semua penilaian ini pada
akhirnya akan menempatkan anda menjadi karyawan BINTANG atau RATA-RATA.
ATURAN #5 Penampilan Anda
Berpakaianlah satu level di atas anda (sesuai level yang anda
inginkan), jangan berpakaian sesuai level anda saat ini.
Karena itulah orang bilang “Dress up”, artinya, berpakaianlah ke atas.
ATURAN #6 Kata-Kata Anda
Pilihlah kata-kata dan komentar yang positif, konstruktif, dan
menyemangati..Sehingga Anda akan melihat diri anda
bergerak menuju zona BINTANG.
ATURAN #7 Tindakan Anda
Sebagai ilustrasi, ada 4 jenis karyawan:
- Jenis pertama : berjalan melihat ada kertas, tapi tidak sadar ada kertas, sehingga tidak berbuat apa-apa
- Jenis kedua : berjalan melihat ada kertas, tahu ada kertas, namun tidak berpikir untuk memungutnya ke tong sampah
- Jenis ketiga : berjalan melihat ada kertas, tahu ada kertas, terpikir harus berbuat, namun tidak melakukannya karena tidak mau terganggu atau tidak peduli
- Jenis keempat : berjalan melihat ada kertas, tahu ada kertas, terpikir harus berbuat, dan mereka melakukannya.
Karyawan seperti ini jeli
melihat keadaan (mata), cerdas (pikiran), dan peduli (bekerja dengan hati).
Karyawan seperti ini sulit ditemukan. Karena itulah mereka berada dalam
kategori BINTANG.
Pikiran menentukan tindakan, dan tindakan merupakan cermin langsung
dari cara berpikir anda. Pilihlah mengambil tindakan positif dan bukan tindakan
setengah-tengah.
ATURAN #8 Peraturan Sudah Berubah
Sadarlah bahwa peraturan sudah berubah.
- Stabilitas adalah sebuah mitos. Jangan berharap segala sesuatu akan tetap stabil. Terimalah kenyataan bahwa rencana akan berubah, posisi berubah, begitu juga prosedur akan berubah. Karyawan BINTANG akan selalu menyadari hal ini dan setiap saat mempersiapkan diri secara mental terhadap perubahan.
- Nyaman dengan ketidakpastian. Agar merasa nyaman dengan perubahan, beberapa hal yang dapat kita lakukan :
- Siapkan diri secara mental, bahwa kita hidup pada abad 21, dan bahwa perubahan adalah bagian dari abad ini
- Jangan merasa terancam dengan perubahan
- Menyadari banyak yang mengeluh dengan perubahan dan ada saja orang yang lebih takut dan tidak senyaman anda.
- Tersenyumlah selalu dan melihat segala hal secara positif, tanyakan “dimanakah peluang yang ditimbulkan perubahan ini?”
ATURAN #9 Anda Berharga Bukan
Karena Sesuatu yang Pernah Anda Lakukan
Aturan abad 21 “Bukan
hal-hal yang anda lakukan di masa lalu yang membuat anda berharga, tapi apa
yang menurut orang lain mampu anda lakukan untuk masa depan, inilah yang
membuat anda berharga.”
Dunia korporat abad 21 memiliki memori yang pendek. Dunia ini
cenderung melupakan jasa dan pengorbanan di masa lalu. Meskipun ingat, jasa dan
pengorbanan tersebut tidak terlalu dihargai.
ATURAN #10 Ketahuilah Perbedaan
Antara “Pekerjaan Seumur Hidup” dan “Kemampuan Kerja
Seumur Hidup”
Ingat, dunia korporat abad 21 memiliki memori pendek. Aturan sudah
berubah. Saat ini sudah bukan “pekerjaan seumur hidup” yang berlaku, melainkan
“kemampuan kerja seumur hidup”. “pekerjaan seumur hidup” hanya bisa dijamin
bila anda punya “kemampuan kerja seumur hidup”.
Adalah tanggung jawab anda untuk memastikan bahwa anda memiliki banyak
kualitas seperti keterampilan, pengalaman, sikap, antusiasme dan kebijaksanaan,
sehingga para lulusan baru tidak mungkin menggantikan anda. Karena setiap
tahun, ratusan ribu lulusan baru akan berusaha menggantikan anda dengan
semangat dan senang hati, dan mereka mungkin memiliki keterampilan lebih dan
meminta gaji lebih rendah. Artinya beri pada perusahaan nilai yang lebih
signifikan daripada gaji yang anda peroleh dari mereka.
ATURAN #11 Semua Jawaban Sudah
Ditemukan
Bila anda menghadapi masalah dan anda tidak tahu solusinya, jangan
panik, jangan merasa stres dan jangan merasa depresi.
Ingat! Semua jawaban sudah ditemukan. Tinggal anda bertanya kepada orang yang
tepat, orang yang tahu, kepada yang prestasinya lebih baik dan sukses, dan kita
pun bisa sesukses mereka.
Pada abad 21, kesuksesan tidak semata ditentukan oleh latar belakang
pendidikan, latar belakang keluarga, usia dan jenis kelamin. Karena semua
jawaban sudah ditemukan dan semua pengalaman milik semua orang di seluruh dunia
tersedia gratis, di Google.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar