Jumat, 26 Juli 2013

Tarawih & Witir ???

Tarawih. Banyak yang mempertentangkan 8 atau 20 rakaat, padahal ;

  • kita yang masih diberi tubuh sehat lagi kuat, masa ibadahnya sedikit? Apa kata dunia!!! Malah akan ditertawakan malaikat
  • Kalau bicara ketentuan, Katakan saja rupanya yang benar itu 8 ketika diakhirat nanti, nah yang selama ini kerjakan 20 tentu sudah memberatkan timbangan kanan karena kerjakan lebih. Tapi kalau yang benar 20, bagaimana dengan yang kerjakan 8 rakaat?
  • Banyak yang mempertentangkan karena ingin berdebat, padahal tinggal kerjakan sesanggupnya saja. Jangan kan hanya 8, kalau anda sedang dalam terdesak karena keperluan, maka cukup kerjakan hanya 2 rakaat saja. Atau hematnya, untuk mengambil berkah tarawih, agar tetap dikerjakan walau sedikit, daripada tidak sama sekali
  • kalau ditempat saya tinggal, di langsa (aceh timur) hampir semua mesjid kerjakan 20 rakaat ditambah witir 3 rakaat. Bahkan jika ada mesjid yang kerjakan hanya 8 akan ditegur oleh ulama setempat. Karena dianjurkan 20, terlepas ketika sampai 8 banyak yang berhenti.. yang penting tetap 20 rakaat.

terus kalau witir?

  • 3 rakaat satu kali atau 2 kali salam? Baiknya 2 kali salam sejauh ilmu yang saya pahami. Yang kerjakan hanya 1 kali salam biasanya untuk menghemat waktu, karena diwilayah tesebut orangnya pada sibuk atau lelah karena seharian bekerja.
Kalau dimesjid dimana tempat anda tinggal masih 11 rakaat (8 tarawih ditambah 3 witir). Saran saya kerjakan sisanya sesampai dirumah. Allah akan melebihkan pahala bagi orang-orang yang melebihkan usaha dalam beribadah, apalagi bulan Mulia bulan ramadhan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar