Kamis, 15 Maret 2012

Orang Kaya dan Nelayan

Seorang Orang Kaya tengah berlibur di sebuah desa. Suatu sore Ia bertemu dengan seorang nelayan yang sedang asyik bermain dengan anaknya. Orang Kaya ini bertanya kenapa si nelayan tak bekerja lebih giat, padahal hidupnya begitu pas-pasan.
“katakan apa yang dapat Saya lakukan!” ujar si nelayan.
“belilah kapal yang lebih besar!” kata si Orang Kaya. Dengan demikIan Anda bisa menangkap ikan lebih banyak.
Nelayan kembali bertanya “dengan tangkapan lebih banyak, apa yang dapat Saya lakukan?”
“Jual ke kota, Anda akan mendapat uang lebih banyak” lanjut si Orang Kaya.
“lantas uang itu untuk apa?” balas sang nelayan lagi.
“dengan uang itu Anda dapat membangun rumah yang bagus dan menyekolahkan anak-anak Anda agar menjadi anak yang sukses.
“lantas jika Saya telah memiliki semua itu apa yang akan terjadi? Kejar si nelayan.
“Nah dengan semua milik itu Anda akan punya banyak waktu luang  dan merasa akan bahagia”.
Mendengan hal itu malah sang nelayan tertawa terbahak-bahak, “lantas, apa bedanya dengan Saya yang sekarang? Sekarang pun Saya punya waktu luang banyak dan sudah sangat BAHAGIA!”
(kutipan dari buku The 7 Laws Happines)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar