Jumat, 17 Oktober 2014

Uniknya Sedekah

Hitungan matematika manusia dengan Allah itu berbeda, misalkan hitungan manfaat ibadah menurut agama:
-     1+1 = 27 (manfaat shalat jamaah)
-     10-1 =19 (manfaat sedekah)
-     1x6 = 365 (manfaat puasa syawal)

Sebenarnya, setiap kali kita bersedekah, akan mendorong roda ekonomi berputar lebih produktif, bahkan membuka pintu rezeki banyak orang.
-     Katakan, anda memberi uang kepada pengemis
-     Dengan uang itu, si pengemis dapat membeli nasi bungkus
-     Itu berarti, si penjual nasi dapat menjalankan usahanya, menafkahkan keluarganya, membuka rezeki bagi karyawannya serta pemasoknya (pemasoknya itu bisa sipenjual sembako).
-     Roda ekonomi pun berputar lebih produktif

Nah, sebenarnya kita mau sedekah ke siapa? Sama orang miskin? Ntar mereka tambah malas! Sama institusi? Ntar malah disalahgunakan! Begini, mereka yang menanam kebaikan akan menuai kebaikan, yang menuai keburukan juga akan menuai keburukan. Yang penting tetap berusaha sedekah tepat sasaran. Namun demikian, sekalipun sedekah kita tidak tepat sasaran, yakinlah balasanNya tepat sasaran, tidak mungkin meleset!

Pesan nabi:
-     Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah
-     Obatilah penyakitmu dengan sedekah
-     Perbanyak sedekah, sebab sedekah memeperpanjang umur
-     Bersegeralah sedekah, sebab bala tidak pernah mendahului sedekah
Khalifah Ali juga berkata: “pancinglah rezeki dengan sedekah”

Nah, mengacu pada berbagai dalil, manfaat sedekah diantaranya:
-     Memudahkan urusan
-     Melipatgandakan rezeki
-     Memudahkan jodoh
-     Memudahkan keturunan
-     Memelihara kesehatan
-     Memanjangkan umur
-     Menolak bala.

Para pakar mengatakan:
 Uang dapat membeli kebahagiaan, ketika anda membagikannya” Brendan Borrell di majalah ilmiah Nature edisi maret 2008.
- Melakukan sesuatu yang positif terhadap orang lain akan memperkuat sistem kekebalan tubuhProf David McClelland di risetnya.
- Menolong orang lain dapat mengurangi sakit, mengurangi stres, meningkatkan endorfin, dan meningkatkan kesehatan. Ini berdasarkan survei yang melibatkan 3000 sukarelawan dan lebih dari 90% mengaku demikian, disampaikan oleh Allan Luks dibukunya.
-  Lihatlah mendiang Bunda Theresa, walaupun dia menyentuh langsung orang-orang yang sakit, namun dia sendiri tetap sehat. Jelas sudah, sifat dermawannya telah menyehatkan dan memanjangkan umur

Menurut Mbah Google, Bill dan Melinda Gates menempati posisi teratas dalam daftar 50 orang paling dermawan di AS. Forbes menempatkan pasangan tersebut pada posisi terhormat, karena tahun 2013 mereka telah mendonasikan hartanya sebesar 2.65 milyar USD (31,8 Triliun) guna memerangi penyakit, reformasi pendidikan serta berbagai inisiatif lain. Selama masa hidupnya pasangan ini telah menyumbang sebesar 30.2 milyar USD atau sekitar 37 persen dari nilai kekayaan yang mereka miliki.
Sementara Mark Zuckerberg CEO sekaligus pendiri Facebook menempati posisi kelima dalam daftar orang paling dermawan di AS. Zuckerberg pada tahun 2013 menyumbang sebesar 991 juta USD (11,9 Triliun) untuk pendidikan dan kesehatan. Pimpinan Facebook tersebut telah menyumbang 1.5 milyar USD selama masa hidupnya atau sekitar 4 persen dari nilai kekayaannya. Fantastis!


“Bersedekah tangan kanan, kiri tidak tahu”, ini benar, tapi kalau bisa “sedekah tangan kanan, ajak juga tangan kiri, hehe..

Sumber: Internet & Buku 7 Keajaiban Rejeki Ippho Santosa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar